Tentang Kami
UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dengan jumlah
sekitar 64
juta unit, UMKM telah berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto sekitar 60%, dan menyerap
tenaga kerja sekitar 97%. Tetapi sayangnya, struktur UMKM di Indonesia masih sangat didominasi
oleh Usaha Mikro, yaitu sekitar 98,7% dari total UMKM ( berdasarkan kriteria UU No.20/2008).
Bahkan, berdasarkan kriteria yang baru menurut PP No.7/2021, dimana pelaku Usaha Mikro ada usaha
dengan pendapatan atau omzet sampai dengan Rp2 milyar per tahun, maka proporsi unit Usaha Mikro
di Indonesia menjadi 99,6%! Adapun proporsi Usaha Kecil menjadi 0,3% dan Usaha Menengah 0,07%.
Dari data ini, artinya hanya 3 dari 1000 unit Usaha di Indonesia yang omsetnya diantara Rp2 - 15
milyar per tahun (Usaha Kecil); dan hanya 7 dari 10.000 yang omsetnya di antara Rp15 - 50 milyar
per tahun (Usaha Menengah).

Potret ini tidak banyak berubah sejak 10 tahun terakhir. Padahal, untuk membangun basis
perekonomian yang lebih kokoh, kita sangat memerlukan lebih banyak unit usaha atau unit bisnis
yang bisa menjadi Usaha Kecil dan Menengah. Sebagai contoh, di Uni Eropa, jumlah Usaha Kecil di
sana adalah sekitar 6 dari 100 unit bisnis (5,8%), dan Usaha Menengah sekitar 9 dari 1000 bisnis
(0,9%). Bagaimana caranya agar kita bisa membantu akselerasi kenaikan skala bisnis Usaha Mikro
dan Kecil kita, agar lebih banyak yang bisa menjadi Usaha Kecil dan Usaha Menengah, atau bahkan
menjadi Usaha Besar?
Peningkatan produktivitas UMKM tentunya tidak lepas dari akses pasar dan akses modal. Perluasan
akses pasar dapat dilakukan dengan lebih cepat dan murah dengan Go Digital. Hal inilah yang
membuat pemerintah, Kementerian Koperasi dan UKM RI, mencanangkan target agar setidaknya 30 juta
pelaku UMKM di Indonesia dapat Go Digital sampai dengan 2030 nanti.


Dalam masa sulit seperti pandemi Covid19 ini, sesungguhnya urgensitas UMKM untuk Go Digital
menjadi semakin mendesak karena physical distancing. Hal inilah yang melatarbelakangi
prakarsa
program Katalog UKM JuWAra pada tahun 2020 dan terus dilanjutkan hingga tahun ini, dan
semoga
sampai ke depannya.
Semula, katalog ini dikemas dalam pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce sehingga
dapat memberi kenyamanan bagi konsumen dan calon mitra UKM terpilih dalam melihat, memilih,
dan berinteraksi dengan para UKMJuWAra melalui situs katalog digital di s.id/ukmjuwara dan
Katalog WhatsApp Business s.id/UKMJUWARA yang terhubung langsung dengan chat Whatsapp
Business dan akun media sosial UMKM terpilih, untuk menghadirkan pengalaman interaksi yang
lebih akrab dan personal. Menurut WhatsApp Inc, program ini membuat ukmindonesia.id sebagai
pelopor atau penggerak komunitas pertama yang mengoptimalkan penggunaan fitur Katalog
WhatsApp Business untuk mempromosikan bisnis anggotanya.
Kami menyadari bahwa spektrum program pendukung pemasaran amatlah luas - yaitu dari dari
perbaikan desain produk (termasuk kemasan), strategi penentuan harga, promosi, dan sampai
perluasan akses atau kanal penjualan (distribusi). Sehingga program ini dirancang khusus
untuk meningkatkan exposure atau promosi produk-produk UKM Unggul dari jaringan komunitas
ukmindonesia.id. Hal ini yang kemudian membuat indikator utama yang dimonitor untuk mengukur
kesuksesan program ini adalah jumlah reach publikasi, jumlah visit (klik) ke katalog, jumlah
klik ke masing-masing link produk UMKM peserta, peningkatan jumlah chat, peningkatan jumlah
kontak calon konsumen, dan peningkatan jumlah follower media sosial masing-masing peserta.
Adapun indikator berupa jumlah order juga ikut kami monitor untuk melihat dampak program
promosi ini dalam meningkatkan order ke peserta, khususnya selama periode promosi
berlangsung.
Hasil capaian dari program Katalog 100 UKM JuWAra 2020 telah kami tuangkan ke dalam
Laporan dampak ukmindonesia.id 2020 yang dapat diunduh disini.
Sejalan dengan perkembangan program dan akan terus bertambahnya jumlah UMKM yang terpilih dan
dipromosikan, program katalog digital UKM JuWAra kini disajikan melalui situs www.UKMJuWAra.id.
Kanal ini akan terus memproduksi katalog berkala dan melakukan pengembangan konten dengan
menghadirkan variasi tema katalog seperti UKM JuWAra GLOBAL yang berfokus pada promosi UMKM yang
sudah sudah Go Digital dan memiliki produk dengan sertifikasi resmi sehingga memiliki kualitas
proses dan mutu produk yang terjamin, sehingga siap untuk melakukan penetrasi pasar global.




Akhir kata, inilah kontribusi kecil kami untuk mendukung akselerasi UMKM naik kelas, khususnya
dalam ranah spesifik di ruang lingkup promosi. Kami bangga karena prakarsa katalog ini merupakan
buah karya kolaboratif dengan semua member peserta program UKM JuWAra, dengan Whatsapp Inc, yang
turut didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, APINDO UMKM AKADEMI, dan pihak lainnya yang
membantu mengamplifikasi kampanye UKMJuWAra untuk #banggabuatanindonesia ini.